Rabu, 06 Juni 2018

Desain batik tradisional Batikdlidir

Desain batik tradisional Batikdlidir. Desain batik adalah pola atau motif yang ada pada sebuah kain. Pola inilah yang menjadi satu keunikan dan pembeda dengan jenis kain lainnya. Pola dibuat oleh seorang seniman atau desainer batik. Mereka mempunyai keahlian khusus untuk menciptakan pola. Karena, dalam membuat sebuah desain memerlukan ketelitian dan kecermatan seorang desainer. Inilah yang membuat tidak sembarangan orang bisa menjadi desainer batik.

Desain batik tradisional Batikdlidir. Desain

Desain batik tradisional Batikdlidir

Keahlian dalam mendesain ini biasanya didapatkan secara turun-temurun. Karena, pada zaman dahulu tidak ada sekolah atau tempat pendidikan yang mengajarkan batik. Sehingga, keahlian dalam membatik ini hanya ditularkan secara generasi saja. Dan biasanya dari orang tua diturunkan kepada anak, dan begitu seterusnya. Inilah yang membuat batik masih terjaga sampai saat ini.


Desain batik ini sangat beragam bentuknya. Ada yang berbentuk alam, hewan, tumbuhan, dewa, atau pun manusia. Dan setiap pola yang dibuat ini memiliki makna sendiri-sendiri. Ada yang berupa doa, harapan dan juga mengenai tatanan kehidupan sehari-hari. Inilah yang menjadi satu keunikan dari batik. Karena batik tidak hanya menjadi sekedar kain yang bisa dikenakan, tetapi juga menjadi sebuah budaya. Dan budaya ini terus terjaga sampai saat ini.

Pada zaman dahulu, desain masih dibuat secara manual. Belum ada alat modern seperti cap dan printing. Semua masih menggunakan tenaga manusia. Inilah yang membuat proses pembuatan batik pada zaman dahulu berjalan sangat lama. Dan desain-desain yang dibuat pun masih sangat tradisional. Berikut beberapa motif di Batikdlidir, Anda bisa leluasa memilih motifnya. Atau bisa juga mengkombinasikan dengan logo atau motif Anda :



Desain batik tradisional Batikdlidir berkualitas


Tetapi, dengan adanya alat modern serta masuknya budaya dari negara luar membuat desain batik juga berubah. Sekarang banyak lahir desain batik modern. Perbedaan dengan desain batik tradisional adalah, desain batik modern ini lebih bebas. Tidak ada aturan pasti yang mengatur setiap pola yang dibuat. Sehingga, para desainer batik bisa bebas dalam berekspresi. Sedangkan untuk desain batik tradisional ada aturan yang jelas. Dan setiap pola yang dibuat harus mengikuti aturan yang ada.

Tirto Tejo

Dan jika anda ingin memiliki batik dengan desain tradisional, anda bisa mendapatkannya di tempat kami (Batik Dlidir). Kami memiliki beragam motif unik yang bisa anda pilih. Selain menyediakan motif yang sudah ada, kami juga menerima pemesanan motif. Untuk pemesanan, anda bisa menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar